Selasa, 09 Januari 2018

TIPS MENENTUKAN TANGGAL PERNIKAHAN

Setelah memutuskan untuk menikah, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan tanggal pernikahan. Untuk urusan ini, sebaiknya harus diputuskan dengan bijak bersama pasangan agar tidak salah langkah dalam menentukan persiapan selanjutnya. Lantas, bagaimana caranya?

1. Waktu Persiapan Pernikahan
Tanggal pernikahan berpengaruh kepada waktu persiapan dan vendor-vendor di dalamnya. Ada beberapa vendor yang memerlukan waktu untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pernikahan. Misalnya, vendor undangan membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan untuk mencetak undangan dan vendor dekorasi yang memerlukan waktu untuk menyiapkan properti dekorasi.

Apalagi kalau ingin menikah di tanggal cantik, misalnya tanggal 12 bulan 12, at least harus tahu ketersediaan venuenya, terus makeup artist bisa gak tanggal segitu, dan biasanya jasa vendor jadi lebih mahal karena banyak permintaan.

2. Periode Saat Keduanya Tidak Sibuk
Menentukan tanggal pernikahan juga bisa dilihat dari tanggal-tanggal di mana keduanya tidak sibuk dengan pekerjaannya. Misalnya pasangan kamu kerja di bagian keuangan, dan akhir tahun biasanya sibuk mau tutup buku. Nggak mungkin kan menikahnya di akhir tahun, jadi pilih tanggalnya harus dipertimbangkan lagi,

3. Perhatikan Hari Libur Nasional
Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tanggal adalah memerhatikan hari libur nasional. Saat hari libur nasional, banyak orang yang mengambil cuti untuk bepergian karena libur panjang. Sehingga jika menggelar pernikahan di tanggal yang mendekati libur nasional, dikhawatirkan banyak tamu yang berhalangan hadir.

4. Diskusi dengan 2 Pihak Keluarga
Sebelum menentukan tanggal pernikahan, ada baiknya lakukan diskusi dengan keluarga. Siapa tahu di tanggal tersebut, ada acara lain yang memang lebih diutamakan.

5. Hindari Musim Hujan
Untuk pernikahan yang digelar di luar ruangan (outdoor), hindari menggelarnya saat musim hujan. Namun jika memang ingin tetap menggelarnya, siapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi hujan yang datang tiba-tiba.

Berdasarkan pengalaman DK&CO wedding organizer, bulan November menjadi bulan yang banyak dipilih oleh pasangan dalam menggelar pernikahan. Jadi rencanakan dan tentukan tanggal pernikahanmu dari sekarang ya;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar